Trend Teknologi Informasi AI
Pada zaman yang serba canggih ini,
siapa yang tidak tahu trend teknologi yang sedang marak saat ini? Berbagai
teknologi sedang berkembang saat ini. Kali ini saya akan membahas trend
teknologi yang berkembang saat ini dan akan terus berkembang di masa depan.
Sebelum itu saya akan menjelaskan tentang teknologi informasi.
Pengertian Teknologi Informasi
Teknologi
Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal
dengan istilah Information technology (IT) adalah
istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat,
mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI
menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan
video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi,
tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam
modern (misalnya ponsel). Dalam konteks bisnis, Information Technology
Association of America menjelaskan
Pengolahan, penyimpanan dan
penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam pengertian
modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan
dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar
bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita
akan menyebutnya teknologi informasi (TI). ". Beberapa bidang modern dan
muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala
besar basis pengetahuan dan lain-lain.
Trend Teknologi Informasi saat ini dan yang akan datang
1. Social Gaming
Dampak
perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih
seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang
ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini
dipicu oleh munculnya penggunaan micropayment yang semakin populer dan
berkembang seperti model game flash online.
2.
Body Motion
Sensor
Kini
bermain game akan lebih asyik karena akan muncul kontroller yang memanfaatkan
gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki. Microsoft memiliki projek
Natal sementara Playstation juga memiliki Motion Controller yang berfungsi
sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa software yang memanfaatkan
gerakan tubuh dengan sensor webcam.
3.
Augmented Reality
Perkembangan
game dengan model augmented reality yang menggabungkan dunia maya dan game di
dalam satu simulasi, akan lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa
platform baru seperti Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama
ini AR hanya populer di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.
4. Internet TV
Perkembangan
ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010 tapi masih memiliki kendala
mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu trend internet TV akan
melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya infrastruktur Telkom yang saat
ini dalam proses pembangunan. Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing
dengan social network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith
yang tinggi.
5.
Mobile Payments
Sejalan
dengan semakin maraknya Facebook di mobile gadget akan memicu penggunaan mobile
payment di HP. Model pembayaran T-Cash menjadi contoh yang memulai trend
tersebut di 2009. Pada tahun 2010 akan muncul pemain-pemain baru di bidang
pembayaran mobile online ini.
6.
Online
Application
Sudah
usang menggunakan Office dengan PC Desktop dan harus terikat dengan lokasi
tertentu. Di 2010, penggunaan aplikasi berbasis web dengan model Office Apps
akan marak disebabkan meningkatkan bandwith yang tersedia. Di tahun 2009 masih
sebagian negara yang menggunakannya dengan maksimal, perlahan-lahan trend ini
akan mulai meningkat dengan cepat di Asia dan Indonesia. Contohnya adalah
aplikasi Zoho.
7.
Cloud Computing
Seiring
dengan kebutuhan aplikasi online, maka sistem cloud computing akan merambah
lebih jauh di tahun 2015. Tidak hanya menjadi penyedia penyimpanan file maupun
email dalam volume besar, namun sudah mulai memberikan service dalam bentuk
aplikasi baik tingkat enterprise maupun individu.
8.
Virtual reality
Virtual
reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang
membuat pengguna dapat
berinteraksi dengan suatu lingkungan yang
disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment),
suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang
hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas
maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada
sebuah layar
komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik,
tetapi beberapa simulasi mengikutsertakan
tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suaramelalui speaker atau headphone.
9.
Artificial Intelligence (Kecerdasan
Buatan)
Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang
ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Artificial Intelligence atau
hanya disingkat AI
didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah.
Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan
dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer)
agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.
Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem
pakar, permainan
komputer (games), logika
fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
Banyak
hal yang kelihatannya sulit untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif
tidak bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan
persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal
yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang
masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika.
Seperti contoh: Pengenalan Obyek/Muka, bermain sepak bola.
Walaupun AI memiliki konotasi
fiksi ilmiah yang kuat, AI membentuk cabang yang sangat penting pada ilmu
komputer, berhubungan dengan perilaku, pembelajaran dan adaptasi yang cerdas
dalam sebuah mesin. Penelitian dalam AI menyangkut pembuatan mesin untuk
mengotomatisasikan tugas-tugas yang membutuhkan perilaku cerdas. Termasuk
contohnya adalah pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk
menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan,
suara dan wajah. Hal-hal seperti itu telah menjadi disiplin ilmu tersendiri,
yang memusatkan perhatian pada penyediaan solusi masalah kehidupan yang nyata.
Sistem AI sekarang ini sering digunakan dalam bidang ekonomi, obat-obatan,
teknik dan militer, seperti yang telah dibangun dalam beberapa aplikasi perangkat
lunak komputer rumah dan video game.
Masih sangat banyak perkembang teknologi
saat ini dan akan terus berkembang di masa yang akan datang. Saya akan
membahasa tentang perkembangan Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan dari masa ke masa.
Perkembangan Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan)
Kecerdasan
buatan merupakan bidang ilmu komputer yang sangat penting di era kini dan masa
akan datang untuk mewujudkan sistem komputer yang cerdas. Bidang ini
telah berkembang sangat pesat di 20 tahun terakhir seiring dengan kebutuhan
perangkat cerdas pada industry dan rumah tangga, oleh karena itu buku ini
memaparkan berbagai pandangan modern dan hasil riset terkini yang perlu
dikuasai oleh para akademisi, pelajar dan praktisi lengkap dengan implementasi
nyata.
Kata
“intelligence” berasal dari bahasa Latin “intelligo” ang bearti “saya
paham”. Barti dasar dari intelligence ialah kemampuan untuk memahami dan
melakukan aksi. Sebenarnya, area Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) atau
disingkat dengan AI, bermula dari kemunculan komputer sekitar th 1940-an,
meskipun sejarah perkembangannya dapat dilacak sejak zaman Mesir kuno. Pada
masa ini, perhatian difokuskan pada kemampuan komputer mengerjakan sesuatu yang
dapat dilakukan oleh manusia. Dalam hal ini, komputer tersebut dapat
meniru kemampuan kecerdasan dan perilaku manusia.
McMulloh
dan Pitts pada tahun 1943 mengusulkan model matematis bernama perceptron dari
neuron di dalam otak. Mereka juga menunjukkan bagaimana
neuron menjadi aktif seperti saklar on-off dan neuron tersebut mampu untuk
belajar dan memberikan aksi berbeda terhadap waktu dari input yang
diberikan. Sumbangan terbesar di bidang AI diawali pada paper Alan
Turing, pada tahun 1950 yang mencoba menjawab “Dapatkah computer berfikir”
dengan menciptakan mesin Turing. Paper Alan Turing pada tahun 1950
berjudul “Computing Machineri and Intelligence” mendiskusikan syarat sebuah
mesin dianggap cerdas. Dia beranggapan bahwa jika mesin dapat dengan sukses
berprilaku seperti manusia, kita dapat menganggapnya cerdas.
Pada
akhir 1955, Newell dan Simon mengembangkan The Logic Theorist, program AI pertama.
Program ini merepresentasikan masalah sebagai model pohon, lalu
penyelesaiannya dengan memilih cabang yang akan menghasilkan kesimpulan terbenar.
Program ini berdampak besar dan menjadi batu loncatan penting dalam
mengembangkan bidang AI. Pada tahun 1956 John McCarthy dari Massacuhetts
Institute of Technology dianggap sebagai bapak AI, menyelenggarakan konferensi
untuk menarik para ahli komputer bertemu, dengan nama kegiatan “The
Dartmouth summer research project on artificial intelligence.”
Konferensi Dartmouth itu mempertemukan para pendiri dalam AI, dan
bertugas untuk meletakkan dasar bagi masa depan pemgembangan dan
penelitian AI. John McCarthy di saat itu mengusulkan definisi AI adalah “
AI merupakan cabang dari ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan komputer
untuk dapat memiliki kemampuan dan berprilaku seperti manusia”.
Pada
tahun 1960 hingga 1970, muncul berbagai dikusi bagaimana komputer dapat meniru
sedetail mungkin pada kemampuan otak manusia, dimana saat itu dapat
dikategorikan sebagai “classical AI”. Pada tahun 1980, dimana computer yang
semakin mudah diperoleh dengan harga yang lebih murah menjadikan berbagai riset
di bidang kecerdasan buatan berkembang sangat pesat pada berbagai
universitas. Tabel 1.1 merupakan rangkuman sejarah penting pengembagan
bidang Kecerdasan Buatan.
Tabel Sejarah penting
pengembangan bidang Kecerdasan Buatan
No
|
Tahun
|
Deskripsi
|
1
|
1206
|
Robot humanoid pertama
karya Al-Jazari
|
2
|
1796
|
Boneka penuang the dari
jepang bernama Karakuri
|
3
|
1941
|
Komputer elektronik
pertama
|
4
|
1949
|
Komputer dengna program
tersimpan pertama
|
5
|
1956
|
Kelahiran dari
Artificial Intelligence pada Dartmouth conference
|
6
|
1958
|
Bahasa LISP dibuat
|
7
|
1963
|
Penelitian intensif
departemen pertahanan Amerika
|
8
|
1970
|
Sisem pakaer pertama
diperkenalkan secara luas
|
9
|
1972
|
Bahasa Prolog
diciptakan
|
10
|
1986
|
Perangkat berbasis AI
dijual luas mencapai $425 juta
|
11
|
1994
|
AC berbasis Neuro fuzzy
dijual
|
12
|
2010
|
Sistem kecerdasan
buatan untuk Pesawat komersial BOEING 900-ER ramai digunakan
|
13
|
2011
|
Service Robot untuk
restoran berhasil dibuat di Indonesia
|
14
|
2012
|
Sistem Pakar
Troubleshooting Komputer berbasis Fuzzy dan Self Learning
|
15
|
2012
|
Sistem immune pada
Deteksi spam diciptaka
|
Saat ini, hampir semua
perangkat komputer dan perangkat elektronika canggih menerapkan kccerdasan
buatan untuk membuat sistem lebih handal. Di masa yang akan datang,
diperkirakan semua perangkat elektronika dan komputer menjadi jauh lebih cerdas
karena telah ditanamkan berbagai metode kecerdasan buatan.
Seluruh
aspek kehidupan manusia akan dipengaruhi oleh algoritma Artifical Intelligence dalam kurun waktu 20 tahun ke depan. Pada
awalnya teknologi Artificial
Intelligence lebih banyak digunakan di sektor industri teknologi
informasi. Google, Facebook, Alibaba, dan Amazon tercatat sebagai pengguna
terbesar teknologi Artificial
Intelligence.
Namun,
penggunaan Artificial Intelligence
sudah merambah ke sektor-sektor lainnya seperti manufaktur, keuangan, media, tambang,
transportasi, kesehatan, pertahanan, dan bahkan industri hiburan. Ke depannya,
tidak ada aspek kehidupan manusia yang tidak tersentuh oleh Artificial Intelligence.
Saat
ini Artificial Intelligence
bahkan sudah digunakan untuk memilih pelamar pekerjaan. Johnson & Johnson,
Unilever, Nvidia, dan Hotel Hilton hanyalah segelintir perusahaan besar yang
sudah mulai beralih kepada Artificial
Intelligence untuk menyortir dan memilih para pelamar pekerjaan yang
jumlahnya mencapai jutaan tiap tahunnya.
Perusahaan-perusahaan
orkestra juga bahkan sudah mulai beralih kepada Artificial Intelligence untuk menentukan musisi terbaik yang
akan mereka rekrut. Artificial
Intelligence bahkan sudah mulai digunakan untuk menentukan apakah
nasabah mendapat pinjaman perbankan atau tidak. Ping An, sebuah perusahaan
asuransi di Tiongkok, sudah menggunakan Artificial
Intelligence untuk mempelajari karakter dari nasabahnya yang hendak
melakukan pinjaman dana.
Program
komputer mereka mempelajari lima puluh ekspresi muka guna menentukan apakah
mereka jujur atau tidak ketika menjawab pertanyaan seputar rencana mereka
terkait dengan pengembalian pinjaman.
Contoh-contoh
di atas hanyalah segelintir dari bagaiman Artificial Intelligence sudah mulai menentukan arah hidup
manusia dan ke depannya, peran mereka akan semakin besar. Menurut International Data Corporation (IDC),
sebuah perusahaan konsultasi Amerika Serikat, corporate market value Artificial Intelligence pada tahun 2017
adalah USD 12 miliar dan akan melonjak menjadi USD 58 miliar pada tahun 2021.
McKinsey Global Institute memiliki
prediksi yang lebih fantastis. Dua puluh tahun mendatang, nilai ekonomi Artificial Intelligence mereka
perkirakan berada di angka USD 2,7 triliun. Tiongkok sudah mengantisipasi
perkembangan Artificial Intelligence dengan
cara membangun pusat pengembangan Artificial Intelligence mereka sendiri.
Berdasarkan laporan Kantor Berita Xinhua, Pemerintah Tiongkok berencana untuk
membangun kompleks industri pengembangan Artificial
Intelligence senilai 13,8 miliar yuan (setara dengan USD 2,12 miliar) di
bagian barat kota Beijing.
Kompleks
industri ini nantinya akan dihuni oleh lebih dari 400 perusahaan di bidang
pengembangan Artificial Intelligence dan
juga akan akan berfungsi sebagai pusat pengembangan teknologi Artificial Intelligence. Kompleks
industri ini diharapkan memiliki output produksi sebesar 400 miliar yuan (atau
setara dengan USD 63 miliar) pada tahun 2040.
Sumber
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
http://nadilarizkyputri.blogspot.com/2017/09/trend-sistem-informasi-dan-teknologi-di.html
http://socs.binus.ac.id/2012/06/06/mengenal-kecerdasan-buatan-kini-dan-akan-datang/
https://kumparan.com/gerry-indradi/kecerdasan-buatan-dan-masa-depan-umat-manusia-152255196931
Komentar
Posting Komentar